Senin, 20 Juni 2016

5 Solusi Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil


5 Solusi Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil,- Bicara tentang masa kehamilan, pasti tak lepas dari berubahnya postur tubuh. Perubahan postur ini, biasanya akan disertai dengan beberapa masalah yang normal Anda alami selama masa kehamilan, seperti kaki bengkak. Edema atau pembengkakan yang biasa terjadi pada kaki ini umumnya disebabkan karena kaki menopang beban yang lebih berat dari keadaan normal.

5 Solusi Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil
Selain itu, pembengkakan pada kaki selama kehamilan ini juga bisa disebabkan karena tubuh Anda  menahan cairan sebesar 30 persen lebih banyak dari keadaan yang normal. Tapi tenang saja moms, pembengkakan pada kaki ini tidak terjadi sepanjang kehamilan, kok. Umumnya, ibu hamil akan mulai mengalami edema kaki ketika kehamilannya memasuki usia trisemester ketiga. Hal ini disebabkan karena, saat memasuki usia kehamilan ini, kondisi berat badan yang semakin bertambah, sehingga beban kaki akan semakin berat.

Meski pembengkakan pada kaki ini dinilai wajar, tapi jika terjadi cukup sering dan mengganggu aktivitas Anda, sebaiknya atasi pembengkakan ini dengan cara alami berikut.

  1. Atur Posisi
    Saat tidur usahakan posisi kaki lebih tinggi dari jantung Anda, posisi seperti ini akan membantu dalam mengatur sirkulasi darah. Posisi ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan ganjalan bantal pada kedua kaki agar posisi kaki bisa lebih tinggi daripada jantung. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk mengatur posisi tidur miring ke kiri. Posisi ini akan membantu Anda mengurangi tekanan pada tubuh.
  2. Hindari Berdiri Terlalu Lama
    Jangan memaksakan untuk berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama. Apalagi bila Anda merasakan pegal. Pegal yang anda rasakan adalah tanda bahwa peredaran darah anda juga otot mengalami kelelahan.
  3. Olahraga Secara Teratur
    Selain dapat membantu anda menjaga kesehatan selama kehamilan, olahraga yang dilakukan selama kehamilan akan membantu untuk mengatasi keluhan kehamilan seperti edema ini.
  4. Seimbangkan Nutrisi
    Seimbangkan konsumsi menu makan Anda, terutama makanan yang mengandung garam. Pastikan Anda mengurangi jumlah konsumsi garam yang berlebihan, instead, konsumsilah makanan yang mengandung garam dalam jumlah yang wajar.
  5. Kompres dengan Kubis
    Jika Anda mengalami pembengkakan pada kaki yang cukup menyiksa, Anda bisa menggunakan solusi alternatif kompres kubis. Disebutkan dalam laman babycentre.co.uk, kubis hijau atau putih, dapat membantu Anda mengurangi jumlah cairan yang ada di kaki dan menyebabkan kebengkakan. Letakkan daun kubis yang sudah dibersihkan (bukan dicuci) di sekitar area yang mengalami pembengkakan dan diamkan sampai daun kubis terasa lembab, lalu ulangi lagi sampai rasa sakit Anda berkurang.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengurangi dan mengatasi edema atau pembengkakan yang seringkali terjadi pada kaki selama masa kehamilan.
Mudah-mudahan, artikel ini bermanfaat untuk Anda ya moms..
Salam sehat :)


5 Solusi Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar